Variabel dalam Javascript

Dalam tutorial ini Anda akan belajar cara membuat variabel untuk menyimpan data dalam JavaScript. Variabel ini sangat penting dan mendasar untuk semua bahasa pemrograman, tak tekecuali javascript. Variabel dipakai untuk menyimpan data, seperti string teks, angka, dll. Data atau nilai yang disimpan dalam variabel dapat diatur, diperbarui, dan diambil kapan pun saat diperlukan. Secara umum, variabel adalah nama simbol untuk nilai.

Anda dapat membuat variabel dengan var kata kunci, sedangkan operator penugasan ( =) digunakan untuk menetapkan nilai ke variabel, seperti ini:var varName = value;

Kiat: Selalu berikan nama yang bermakna pada variabel Anda. Selain itu, untuk memberi nama variabel yang berisi banyak kata, camelCase biasa digunakan. Dalam konvensi ini semua dunia setelah yang pertama harus memiliki huruf pertama huruf besar, misalnya namaVariabelPanjang.

Dalam contoh di atas kita telah membuat tiga variabel, yang pertama telah ditetapkan dengan nilai string, yang kedua telah ditetapkan dengan angka, sedangkan yang terakhir ditetapkan dengan nilai boolean. Variabel dapat menampung berbagai jenis data, kita akan mempelajarinya di bab selanjutnya.

Dalam JavaScript, variabel juga dapat dideklarasikan tanpa memiliki nilai awal yang ditetapkan padanya. Ini berguna untuk variabel yang seharusnya memiliki nilai seperti input pengguna.

Catatan: Dalam JavaScript, jika suatu variabel telah dideklarasikan, tetapi belum diberi nilai secara eksplisit, nilai tersebut secara otomatis ditetapkan undefined.

Mendeklarasikan Banyak Variabel Sekaligus

Anda bisa juga mendeklarasikan beberapa variabel dan mengatur nilai awalnya dalam satu pernyataan. Setiap variabel dipisahkan oleh koma, seperti yang ditunjukkan dalam contoh berikut:

Kata kunci let dan const ES6

ES6 memperkenalkan dua kata kunci baru let dan const untuk mendeklarasikan variabel.

Kata constkunci bekerja persis sama dengan let, kecuali bahwa variabel yang dideklarasikan menggunakan constkata kunci tidak dapat ditugaskan kembali nanti dalam kode. Ini sebuah contoh:

Tidak seperti var, yang mendeklarasikan variabel lingkup fungsi , keduanya letdan constkata kunci mendeklarasikan variabel, dibatasi pada tingkat blok ( {}). Block scoping berarti bahwa ruang lingkup baru dibuat di antara sepasang kurung keriting {}. Kami akan membahas ini secara rinci nanti, dalam bab fitur JavaScript ES6 .

Catatan: Kata kunci let dan const tidak didukung di browser lama seperti IE10. IE11 mendukung sebagian fitur ini. Lihat bab fitur JS ES6 untuk mengetahui cara mulai menggunakan ES6 hari ini.