Cara Memasukkan kode PHP pada dokumen HTML

Seperti yang kita ketahui, bahwa kode PHP dapat kita masukkan ke dalam dokumen HTML. Hasil eksekusi dari PHP yang kita jalankan akan dapat dilihat melalui web browser. Dengan digabungkan dengan HTML, CSS dan Javascript maka kita bisa membuat tampilan program kita menjadi lebih menarik dan interaktif.

Ada beberapa cara untuk memasang kode PHP ke dalam tampilah HTML, yang paling populer yaitu menggunakan tag pembuka <?php dan ditutup dengan ?>. Sebenarnya kita bisa menggunakan cara lain selain cara tersebut.

Ada 4 cara yang dapat kita lakukan untuk memasukkan kode PHP ke dalam halaman HTML.

Cara 1. Metode Standar (XML Style)

Metode ini biasa disebut dengan XML Style karena didasarkan pada aturan penulisan syntax XML atau eXtensible Markup Language . Bahasa XML sendiri adalah bahasa markup yang menjadi dasar dari dari bahasa xHTML (versi HTML yang memiliki aturan lebih ketat). Metode penulisan PHP inilah yang paling direkomendasikan dan paling banyak digunakan.

Untuk masuk kedalam mode PHP, kita menggunakan kombinasi “<?php” sebagai tag pembuka dan tag “?>” sebagai tag penutup

Contoh penggunaan :

Kode diatas bisa kita gabungkan dengan kode HTML menjadi seperti berikut ini :

Cara 2. Metode tag singkat PHP (SGML Style)

Metode ini biasa disebut dengan PHP short tags karena menggunakan format penulisan yang lebih singkat. Disebut SGML Style karena metode ini mengikuti aturan Standard Generalized Markup Language (SGML). Standar ini merupakan format dasar bahasa HTML.

Format penulisan ini secara default tidak diaktifkan di versi PHP 5.5. Namun kita dapat mengaktifkannya melalui setingan PHP (php.ini). Pembahasan tentang php.ini pada PHP akan kita bahas pada tutorial selanjutnya.

Contoh penggunaan :

Akan tetapi, sama seperti metode SGML, metode ASP ini juga tidak didukung secara default. Kita harus mengaktifkannya secara manual melalui setingan PHP (php.ini).

Cara 3. Metode ASP (ASP Style) PHP
Penulisan PHP dengan cara ini ini disebut metode ASP, karena mirip dengan cara menginputkan kode ASP ke halaman HTML. ASP (Active Server Pages) adalah bahasa pemograman web yang dirilis oleh Microsoft sebagai bahasa saingan PHP.

Metode ASP menggunakan tag <% sebagai tag pembuka, dan tag %> sebagai tag penutup.

Contoh penggunaanya:

4. Metode Script (Script Style) PHP
Penulisan kode PHP dengan cara ini mirip dengan penulisan script pada bahasa javascript.

Metode ini menggunakan tag <script language=”php”> sebagai tag pembuka, dan tag </script> sebagai tag penutup.

Contoh penggunaanya:

Metode Script ini didukung secara penuh oleh PHP 5.5, namun jarang sekali digunakan karena kurang praktis.

Selain menggunakan keempat cara diatas, ada satu lagi cara penulisan kode PHP, yaitu menggunakan PHP Instan. Metode ini menggabungkan perintah echo pada PHP dan SGML dalam satu tag.

Cara penulisannya yaitu dibuka dengan <?= dan ditutup dengan tag ?>. Contoh penggunaan sebagai berikut :

Sintaks di atas akan menghasilkan output yang sama seperti kode berikut :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *