Belajar Javascript : Pengertian dan Sejarah Perkembangan Javascript

Apa itu JavaScript?

JavaScript adalah bahasa skrip sisi klien yang paling populer dan banyak digunakan pada saat ini. Hampir semua aplikasi web saat ini menggunakan javascript. JavaScript dirancang untuk menambahkan interaktivitas dan efek dinamis ke halaman web dengan memanipulasi konten yang dikembalikan dari server web.

JavaScript pada awalnya dikembangkan sebagai LiveScript oleh Netscape pada pertengahan 1990-an. Ia kemudian diubah namanya menjadi JavaScript pada 1995, dan menjadi standar ECMA pada 1997. Sekarang JavaScript adalah bahasa skrip sisi klien standar untuk aplikasi berbasis web, dan didukung oleh hampir semua browser web yang tersedia saat ini, seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Apple Safari, dll.

JavaScript adalah bahasa berorientasi objek, dan juga memiliki beberapa kesamaan dalam sintaksis dengan bahasa pemrograman Java. Namun, JavaScript sama sekali tidak memiliki keterikatan dengan Java.

JavaScript adalah bahasa pemrograman komputer yang dinamis. Bahasa Javascript relatif ringan dan paling umum digunakan sebagai bagian dari halaman web, yang implementasinya memungkinkan skrip sisi klien untuk berinteraksi dengan pengguna dan membuat halaman dinamis. Javascript adalah bahasa pemrograman yang termasuk interpreted programming language dengan kemampuan berorientasi objek.

JavaScript secara resmi dikelola oleh ECMA (Asosiasi Produsen Komputer Eropa) sebagai ECMAScript. ECMAScript 6 (atau ES6) adalah versi utama terbaru dari standar ECMAScript.

Spesifikasi ECMA-262 mendefinisikan versi standar bahasa JavaScript inti.

  • JavaScript adalah bahasa pemrograman yang ringan dan interpreted.
  • Dirancang untuk membuat aplikasi yang berfokus pada jaringan.
  • Pelengkap dan terintegrasi dengan Java.
  • Pelengkap dan terintegrasi dengan HTML.
  • Bersifat terbuka dan lintas platform

Javascript bekerja di sisi client (client side) yang artinya tidak diperlukan server untuk mengeksekusi program. Kode dari javascript dapat diletakkan di dalam halaman web HTML dan dapat ditampilkan melalui web browser.